Followers

Thursday, April 25, 2013

Dahsyatnya Puasa Sunnah Isnin Khamis

Kebanyakan dari kita tentunya pernah mendengar puasa Isnin Khamis sebagai puasa sunnah di dalam Islam. Namun, berapa yang benar-benar berusaha melaksanakan puasa tersebut ? Kalau hari itu kebetulan ada  makan-makan, bukannya lebih enak makan-makan berbanding puasa sunnah ? Kalau pagi itu kebetulan tidak sempat sahur, bukannya lebih elok jika dibatalkan puasa dulu ? Puasa Isnin Khamis itu hanyalah ‘sunnah’ bukan ?

Tak banyak dari kita yang benar-benar tahu hikmah puasa Isnin Kamis dari segi spiritual, kesehatan dan keutamaannya di hadapan Allah. Alasan utama mengapa puasa Isnin Kamis disunahkan dalam Islam ialah karena Rasulullah sering berpuasa di kedua hari tersebut.

Sehubungan dengan hal ini ada 2 hadis dari Rasulullah yg berkenaan dengan pemilihan hari Isnin dan Khamis.
Yang pertama, dalam Hadist Riwayat Ahmad disebutkan bahwa Rasulullah mengatakan bahawa semua amal dibentangkan di hari Isnin dan Khamis. Karena itu, sebagai orang beriman, sungguhlah baik bila pada saat malaikat melaporkan amalan kita itu kita sedang berpuasa.

Yang kedua, hari Isnin Khamis adalah hari istimewa karena pada hari itulah Rasulullah dilahirkan, menjadi rasul dan mendapat wahyu (HR Muslim).

Dari sisi ilmu, bisa dilihat bahwa hari Isnin dan Khamis membahagikan satu ‘minggu’ menjadi dua bahagian yang hampir sama rata. Jadi puasa Isnin Khamis mempunyai fungsi "maintenance" atau pemeliharaan. Analoginya mungkin sama dengan pembahagian waktu minum ubat kala kita sakit. Tentu kita ingat, kala kita sakit, kita sering disuruh minum ubat 2x sehari, yaitu 1x di pagi hari dan 1x di malam hari. Kalau dilihat, waktu2 dimana kita disuruh minum ubat 2x tersebut membagi kurang lebih hari itu menjadi 3 bahagian yang sama. Hal ini berlaku juga dengan Isnin dan Khamis yang membahagi satu minggu menjadi dua bahagian.

Dengan berpuasa di hari Isnin dan Khamis, secara tidak langsung kita melakukan maintenance untuk diri kita secara rutin baik dari segi spiritual maupun jasmani. Selain itu apakah lagi kelebihan puasa yang berkelanjutan seperti puasa Isnin Khamis ini ? 
  1. pertama ialah kerana puasa Isnin Khamis melatih kita secara teratur untuk menghindarkan diri dari pekerjaan dosa. Puasa juga merupakan latihan efektif untuk ‘anger management’ atau latihan kesabaran. Karena itu, bolehlah dianggap bahwa puasa adalah zakat jiwa, dimana pada saat puasa, kita membuang perangai buruk. Sehingga sesudah puasa, emosi dan spiritual kita menjadi lebih bersih. "Segala sesuatu itu ada zakatnya,sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. "Dan puasa itu separuh daripada  kesabaran”.(HR. Ibnu Majah). Dengan mengawasi perangai buruk kita, minima seminggu dua kali, maka  ”Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara”.{HR.Ahmad dan Baihaqi}.
  2. Keutamaan yang kedua ialah karena puasa Isnin Khamis bisa meningkatkan amalan kita. Biasanya, seseorang yang kekenyangan akan cenderung malas beribadah. Puasa menjadikan kita lebih produktif dalam beribadah. Disamping itu, puasa bisa melembutkan hati. Ini karena dengan puasa, kita cenderung lebih berempati dengan orang-orang yang lebih tidak beruntung dibanding kita. Karena itu, puasa bisa menjadikan kita lebih dekat dengan Allah dan lebih bertakwa. Tidaklah salah kalau dalam Quran disebutkan bahwa puasa diperintahkan pada kita dan orang2 sebelum kita supaya kita menjadi orang yang bertakwa (Al Baqarah 183).
  3. Selain dari keuntungan dari segi kerohanian seperti yang dijelaskan diatas, puasa juga memiliki keutamaan dari segi kesehatan. Sudah bukan rahsia lagi bahwa saat ini sudah ada banyak kajian yang menyimpulkan bahwa puasa yang teratur itu baik untuk kesehatan. Manfaat kesehatan dari puasa yang paling populer adalah puasa sebagai cara ampuh untuk membatasi kalori yang masuk ke tubuh kita. Dalam Islam dan bidang kedoktoran, dianjurkan untuk tidak makan berlebihan, karena makanan yang berlebih dan tidak sehat bisa menimbulkan penyakit. Lihat saja masyarakat di negara makmur yang mana makanan berlimpah. Selain tahap obesiti yang tinggi, masyarakat di negara-negara tersebut banyak yang mengidap diabetes dan jantung.
  4. Manfaat lain dari puasa ditinjau dari segi kesehatan yang juga banyak dipopulerkan adalah fungsi pembersihan dan penyembuhan. Dengan istirahatnya sistem pencernaan kita selama puasa, maka memungkinkan sistem2 lain di tubuh kita untuk bekerja dengan lebih baik, misalnya sistem imuniti. Inilah sebabnya mengapa orang yang sakit atau binatang yang terluka suka menolak makan. Andaikata kita tidak sedang sakit pun, sistem imuniti badan bekerja keras ketika kita berpuasa. 
  5. Sistem detoksifikasi tubuh juga bekerja lebih lancar jika kita berpuasa. Disini, mungkin kita bisa membayangkan sistem pembersihan tubuh bekerja keras kerana kita sering makan tanpa berpuasa Akibatnya, fungsi pembersihan tubuh tidak berjalan dengan maksima. Dengan adanya rehat tanpa memproses, tugas dari sistem pembersihan tubuh kita menjadi lebih bertenaga.
  6. Sistem peremajaan juga bekerja dengan maksima saat kita puasa karena Allah menjadikan tubuh kita akan mengeluarkan hormon yang erat kaitannya dengan anti-aging kala kita puasa. Karena itu tidaklah mengherankan jika pada suatu eksperimen ditemukan bahwa cacing yang berpuasa bisa hidup 19 generasi lebih lama dibanding cacing yang tidak berpuasa. Kalau ada obat anti aging yang ampuh, itulah puasa. Puasa Isnin Kamis secara teratur nantinya menjadikan kita awet muda dan bebas penyakit di hari tua. 
  7. Yang jelas, puasa tidak mempunyai kesan buruk terhadap otak dan daya pikir kita. Malahan, sudah ada kajian yang membuktikan bahwa puasa dapat meningkatkan daya pikir kita.
Bayangkan dahsyatnya puasa jika kita  merutinkannya seminggu dua kali seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah. Walaupun begitu, perlu diingat semua amal tergantung niat. Jika niat puasa kita hanyalah dari segi kesehatan, maka itulah yang kita dapat. Namun kala niat puasa kita adalah dalam rangka meningkatkan kualiti keimanan kita dan mendekatkan diri pada Allah maka kita akan mendapat redha Allah dan keselamatan dunia akhirat. Sebagai muslim, ridha Allah terletak di atas segala-galanya. Allah sangat menyukai orang yang berpuasa karena Allah, sehingga Allah menjanjikan gerbang khusus di surga bagi yang gemar berpuasa, yaitu Ar-Rayyan (H.R Muslim).

Maka dari itu, marilah kita galakkan dan rutinkan puasa-puasa sunnah seperti puasa Isnin Khamis dalam rangka meraih redha Allah dan salah satu cara untuk meraih jannahNya. Insya Allah dengan puasa yang rutin, kita tidak hanya mendapat balasan di akhirat nanti, tetapi kita juga mendapat keuntungan di dunia berupa kesehatan yang baik dan daya pikir yang jernih. Insya Allah.

No comments:

Blog ini untuk semua....

Mai la pakat sumbang bahan atau info ke...cerita ke, foto ke, resepi ke....sama-sama manafaatkan teknologi untuk kebaikan. welcome!

kucing pun pandai marah beb..he he